Pengaruh Model Pembelajaran POE (Prediction, Observation and Explanation) Terhadap Model Mental Siswa SMP di Kota Langsa

  • Megawati Putri Simamora Pendidikan Fisika, Universitas Samudra
  • Mentari Darma Putri Pendidikan Fisika, Universitas Samudra
  • Hendri Saputra Pendidikan Profesi Guru, Universitas Samudra
Keywords: Model Mental, POE (Prediction, Observation and Explanation)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE (Prediction, Observation and Explanation) terhadap model mental siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan non-equivalent pretest posttest control group design. Subjek penelitian sebanyak 54 siswa kelas VIII yaitu kelas V111-1 dan kelas V111-2, terdiri dari 27 siswa kelas eksperimen dan 27 siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan tes uraian yang berjumlah 9 butir soal untuk mengukur model mental siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara skor N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,86 (kategori tinggi) dan skor N-Gain kelas kontrol sebesar 0,44 (kategori sedang) dengan nilai sig 2-tailed (0,000 < 0,05) pada model pembelajaran POE (Prediction, Observation and Explanation) dalam meningkatkan model mental siswa dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini membuktikan bahwa (2) penerapan model pembelajaran POE (Prediction, Observation and Explanation) berpengaruh terhadap model mental siswa. Penerapan model pembelajaran POE (Prediction, Observation and Explanation) dapat meningkatkan model mental siswa secara signifikan. (3) Model mental siswa di kelas eksperimen setelah perlakuan lebih unggul berada pada level model mental scientific dibandingkan dengan level model mental siswa di kelas kontrol yang tetap berada pada level model mental synthetic setelah perlakuan.

Published
2024-08-27
How to Cite
Simamora, M. P., Putri, M. D., & Saputra, H. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Prediction, Observation and Explanation) Terhadap Model Mental Siswa SMP di Kota Langsa . GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 7(01), 45-51. https://doi.org/10.33059/gravitasi.jpfs.v7i01.10440