Mengoptimalkan Metode Eksperimen dengan Peningkatan Keterampilan Merangkai Alat-alat Fisika pada Siswa SMP Negeri 1 Peureulak
Abstract
Pendidik yang berkompetensi dan profesional harus dapat melakukan pembaharuan dalam peningkatan kreatifitas mengajar dalam pengelolaan proses pembelajaran fisika di SMP sebagai respon semakin melemahnya kualitas belajar siswa. Dalam pembelajaran yang dikakukan dengan materi yang tidak kontekstual serta kinerja siswa yang rendah akan menghasilkan proses dan produk yang rendah. Sebagian besar guru masih melaksanakan pembelajaran secara tradisional. Hal ini dapat menimbulkan kejenuhan, kebosanan, serta menurunkan minat dan motivasi belajar siswa. Berdasarkan uraian permasalahan di atas, melalui penelitian ini diharapkan guru mampu memainkan peran sebagai inovator pembelajaran. Peningkatan kreatifitas guru mutlak perlu dikembangkan, salah satunya adalah pembelajaran dengan metode eksperimen. Selama ini kegiatan pembelajaran dengan metode eksperimen, masih banyak siswa yang kesulitan dalam merangkaikan alat-alat laboratorium sesuai dengan gambar yang ada di Lembar Kerja Siswa (LKS), sehingga memboroskan waktu pembelajaran yang pada akhirnya tujuan pembelajaran tidak tercapai sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengatasi masalah di atas, siswa diberi LKS yang berisi gambar alat-alat sesuai dengan alat/ benda yang sebenarnya, serta dilengkapi dengan petunjuk pelaksanaan yang lengkap. Selain itu sebelum eksperimen siswa diberi penjelasan tentang nama dan fungsi alat-alat, serta cara penggunaan alat tersebut. Siswa juga dilatih merangkai alat, sehingga ketrampilan siswa dalam merangkai alat meningkat. Hasil analisis deskripsi mengungkapkan, pada siklus I skor ketrampilan siswa merangkai alat rata-rata 69%,nilai Ulangan Harian rata-rata 55,23, pada siklus II skor ketrampilan siswa merangkai alat rata-rata 74%. nilai Ulangan Harian rata-rata 65,23, sedangkan pada siklus III skor ketrampilan merangkai alat rata-rata 85%, dan nilai Ulangan Harian 73,18. Dengan peningkatan ketrampilan siswa dalam merangkai alat-alat, penggunaan metode eksperimen menjadi lebih optimal, dan hasil belajar siswa lebih meningkat. Disamping peningkatan pada aspek psikomotor, juga terjadi peningkatan pada aspek kognitif dan aspek afektif.
Kata Kunci : ketrampilan siswa, merangkai alat-alat dan metode eksperimen.