Deskripsi Tahap Analisis Pada Pengembangan E-Module Fisika Berbasis Discovery Learning Di SMA Negeri 10 Palangka Raya

  • Deni Anggara Program Studi Tadris Fisika Jurusan Pendidikan MIPA Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • H Yuliani Program Studi Tadris Fisika Jurusan Pendidikan MIPA Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • N I Syar Program Studi Tadris Fisika Jurusan Pendidikan MIPA Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
Keywords: Analisis Kebutuhan, Discovery learning, Fluida Dinamis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kebutuhan untuk mengembangkan e-module berbasis discovery learning pada pokok bahasan fluida dinamis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Analisis kebutuhan ini dilakukan di SMAN 10 Palangka Raya. Subjek yang digunakan pada penelitian ini yaitu guru fisika dan siswa/i kelas XI. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan menyebar angket secara online untuk siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa pedoman wawancara dan angket analisis kebutuhan untuk siswa. Hasil yang diperoleh melalui wawancara terhadap guru fisika bahwa guru masih belum menggunakan e-module. Hasil penyebaran angket menyatakan: 64% siswa kurang menyukai pelajaran fisika. ­Bahan ajar e-module belum pernah digunakan hal ini dinyatakan dari persentase angket sebanyak 100%. Sebanyak 96% siswa menyukai bahan ajar yang memiliki ilustrasi gambar dan bahasa yang mudah dipahami.Analisis Kebutuhan, Discovery learning, Fluida Dinamis 

Published
2021-12-09
How to Cite
Deni Anggara, Yuliani, H., & Syar, N. I. (2021). Deskripsi Tahap Analisis Pada Pengembangan E-Module Fisika Berbasis Discovery Learning Di SMA Negeri 10 Palangka Raya. GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 4(02), 17-23. https://doi.org/10.33059/gravitasi.jpfs.v4i02.4456