Analisis Instrumen Pemahaman tentang Flip-flop pada Mata Kuliah Elektronika Dasar bagi Mahasiswa Pendidikan Fisika

Analysis of Understanding Instrument about Flip-flop in Basic Electronic for Physics Education Students

  • Nadia Azizah - IAIN Palangka Raya
  • Atin Supriatin IAIN Palangka Raya
  • Jhelang Annovasho IAIN Palangka Raya
  • Hadma Yuliani IAIN Palangka Raya
Keywords: Elektronika dasar;, Flip-flop;, Pemahaman;

Abstract

Elektronika dasar merupakan kebutuhan bagi calon Pendidikan masa depan karena saat ini kurikulum fisika telah mencantumkan system digital sebagai materi pengayaan. Oleh sebab itu, mahasiswa Pendidikan Fisika di IAIN Palangka Raya yang profil lulusannya sebagai pendidik harus mampu menguasai pemahaman elektronika system digital. Salah satu materi dasar dalam elektronika system digital ialah flip flop. Namun, sebelum mengetahui pemahaman mahasiswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui pemahaman mahasiswa tentang fiip flop tersebut harus dinyatakan sahih untuk dapat mengukur pemahaman tentang flip flop. Penilitian ini untuk mendeskripsikan secara kuantitaif-kualitatif analisis soal pemahaman tentang flip flop pada mata kuliah elektronika dasar. Teknik Analisa yang digunakan ialah uji korelasi product moment dengan jumlah sampel N=13. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa terdapat 8 soal pengetahuan dan 3 soal analisis yang sahih menggunakan level signifikasi 5%. Sedangkan, menggunakan level signifikasi 1% maka terdapat 5 soal pengetahuan dan 2 soal analisis yang sahih. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa 50% dari jumlah soal pengetahuan dan 33% dari jumlah soal analisis harus direvisi agar dapat memgukur pemahaman tentang flip flop secara menyeluruh.

Published
2022-06-30
How to Cite
-, N. A., Supriatin, A., Annovasho, J., & Yuliani, H. (2022). Analisis Instrumen Pemahaman tentang Flip-flop pada Mata Kuliah Elektronika Dasar bagi Mahasiswa Pendidikan Fisika. GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 5(01), 31-36. https://doi.org/10.33059/gravitasi.jpfs.v5i01.5625