Synergy for the Management of Sungai Kuruk III Village Development Towards a Sustainable Village

Sinergi Pengelolaan Pembangunan Kampung Sungai Kuruk III Menuju Kampung yang Berkelanjutan

  • Cut Mulyani Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Samudra
  • Syamsul Bahri Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Samudra, Meurandeh, Langsa Lama
  • Iswahyudi Iswahyudi Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian Universitas Samudra, Meurandeh, Langsa Lama
  • Rozalina Rozalina Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Samudra, Meurandeh, Langsa Lama
Keywords: ikan bandeng, minyak sereh, sistem hidroponik, sampah organik, minyak atsiri

Abstract

Kampung Sungai Kuruk III secara geografis kampung ini berbatasan langsung dengan Selat Malaka. Mata pencaharian utama masyarakatnya sebagian besar sebagai nelayan dan  petani. Banyak terdapat permasalahan yang dihadapi mitra untuk memenuhi kebutuhaan ekonominya. Permasalahan prioritas yang dihadapi mitra selama ini adalah (1) tingginya pencemaran air sungai oleh limbah rumah tangga, (2) hasil panen ikan bandeng dijual dalam bentuk segar sehingga tidak mempunyai nilai tambah, (3) minimnya pengetahuan masyarakat dalam budidaya sereh dan perlakuan pasca panen dan (4) harga sayuran tinggi karena tergantung pasokan dari luar. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan melalui dialog interaktif dan sosialisasi yang melibatkan mitra dan aparat kampung dalam seluruh kegiatan sosialisasi dan pelatihan-pelatihan yang dilakukan. Juga dilakukan kegiatan pendampingan untuk memonitoring dan mengevaluasi perkembangan hasil kegiatan untuk keberlanjutan program PKM yang berdampak terhadap peningkatan ekonomi. Hasil dari kegiatan PKM yang telah dilakukan adalah peserta pelatihan sudah mengerti dan mampu melakukan teknik budidaya sayuran sistem hidroponik, mengetahui dan memahami mengenai jenis sampah sampah organik, meningkatnya pemahaman dan keterampilan membuat olahan bahan makanan berbahan baku ikan bandeng dengan dengan mutu yang lebih baik dari segi rasa dan standar kesehatan, dan peserta pelatihan telah mengetahui teknik budidaya tanaman sereh yang baik dan mampu mengoperasionalkan alat penyulingan minyak sereh sederhana dan melakukan produksi minyak atsiri sereh secara mandiri.

References

Anwar, A., Nugraha., Rukmana, A A., Arif, A N. 2017. Pemberdayaan Potensi Masyarakat Desa Cimungkal Kecamatan Wado Melalui Wirausaha Sereh Wangi. Ethos (Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat): 592)224-231

[BPS] Badan Pusat Statistik Kabupaten Aceh Tamiang. 2021. Kecamatan Seruway Dalam Angka 2020. Karang Baru. Aceh Tamiang.

Feriyanto, Y. E., Sipahutar, P. J., Mahfud, Prihatini, P. 2013. Pengambilan Minyak Atsiri dari Daun dari Batang Serai Wangi (Cymbopogon winterianus) Menggunakan Metode Distilasi Uap dan Air dengan Pemanasan Microwave. Jurnal Teknik Pomits, 2(1):93-97.

Harianingsih., Wulandari, R., Harliyanto, C., Nurlita, C.A. 2017. Identifikasi GCms Ekstrak Minyak Atsiri dari Sereh Wangi (Cymbopogon winterianus) Menggunakan Pelarut Metanol. Jurnal Abdimas 2(2):12-21.

Kudsiah, H., Tresnati, J., Ali , S. A. 2018. IbM Kelompok Usaha Bandeng Segar Tanpa Duri di Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan. Jurnal Panrita Abdi 2(1), 55-63.

Meta, M., Zainal., S., Muhammad, A. 2018. Peningkatan Pendapatan Masyarakat Maros Melalui Usaha Komersial Abon Ikan Air Tawar. Jurnal Panrita Abdi, 2(2):142-150.

Ngaisyah, R R D., Adiputra, A K. 2019. Pengembangan Potensi Lokal Ikan Menjadi Nugget dan Abon Ikan untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Menurunkan Angka Kejadian Stunting di Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul. Journal of Community Empowerment for Health 1(2):61-70.

Nusantari E, Abdul, A., Harmain, R.M. 2016. Ikan bandeng tanpa duri (Chanos chanos) sebagai peluang bisnis masyarakat Desa Mootinelo, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo. Agrokreatif, 3(1):78-87.

Prasetyawati, M., Casban., Nelfiyanti., Kosasih. 2019. Pelatihan Pembuatan Pupuk Cair dari Bahan Sampah Organik di RPTRA Kelurahan Penggilingan. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. 1-6. Jakarta, 24 september 2019

Roidah, I.S. 2014. Pemanfaatan Lahan dengan Menggunakan Sistem Hidroponik. Jurnal Universitas Tulungagung Bonorowo. 1(2): 12-20.

Saepudin, A., Kamarubiani, N., Shantini, Y. 2020. Pengembangan Desa Binaan untuk mendukung peningkatan Kesejahteraan masyarakat (Studi pada Desa Cihideung Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat). E-Coops-Day 1(2):137-14

Sengkey, M.Y., Wangke, M.Y., Manginsela, E.P. (2017). Persepsi Masyarakat Terhadap Hidroponik di Kelurahan Teling Bawah, Kota Manado. Jurnal Agrri-SosioEkonomi Unsrat, 13(2), 33-46.

Suhastyo, A. A. 2019. Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Melalui Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair. Jurnal PPKM, 60-64.

Sunardi, W.T. Istikowati, dan E.D. Pujawati. 2019. Pelatihan Budidaya Sayur dengan Metode Hidroponik di Desa Guntung Payung, Banjarbaru. Pengabdianmu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. 4(1): 40-45.

Suryani., Zulkifli., Wijaya, N R.. 2020. Produksi Minyak Sereh Wangi Sebagai Parfum Lokal Anti Bakteri Masyarakat Desa Tambon Tunong, Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Proceeding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe September 2020. 4 (1): C97-C101.

Susantie, D., Saselah, J. T., Tomasoa, A. 2013. Program Pengabdian pada Masyarakat Internal Ipteks bagi Masyarakat (IbM) Kelompok Budidaya Benih Unggul Ikan Nila (Oreochromis niloticus ) di Kampung Taloarane Kecamatan Manganitu, Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara. Jurnal Ilmiah Tatangkorang 3(2) :41–44.

Published
2022-06-30
How to Cite
Mulyani, C., Bahri, S., Iswahyudi, I., & Rozalina, R. (2022). Synergy for the Management of Sungai Kuruk III Village Development Towards a Sustainable Village. Eumpang Breuh : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16-23. Retrieved from https://ejurnalunsam.id/index.php/ebjpm/article/view/5619