ANALISIS FINANSIAL USAHA PEMBIBITAN LAMPOH BIJEH DI KOTA LANGSA

  • supristiwendi supristiwendi Universitas Samudra
  • yulita safni Alumni Fakultas Pertanian Universitas Samudra
Keywords: Bibit, Biaya Produksi, Penerimaan, Pendapatan, Analisis Finansial

Abstract

Penelitian ini adalah studi kasus di Usaha Pembibitan “Lampoh Bijeh†yang terletak di Kecamatan Langsa Baro Kota Langsa. Tujuan penelitian untuk mengetahui kelayakan usaha pembibitan tanaman Lampoh Bijeh di Kota Langsa dari segi finansial.

Penelitian merupakan studi kasus pada usaha pembibitan Lampoh Bijeh Kota Langsa. Objek dalam penelitian ini hanya dibatasi pada usaha pembibitan tanaman Lampoh Bijeh di Kota Langsa. Ruang lingkup penelitian ini meliputi analisis finansial yang meliputi NPV, IRR, Net B/C dan PBP usaha pembibitan tanaman Lampoh Bijeh di Kota Langsa.

Hasil analisis finansial untuk 4 (empat) penilaian kriteria investasi semuanya layak. Nilai NPV sebesar Rp. 46.843.766,53 adalah lebih besar dari 0 maka dari sisi NPV usaha pembibitan tanaman Lampoh Bijeh layak untuk dikerjakan. Nilai IRR sebesar 12,4% lebih besar dari bunga pinjaman bank berlaku yaitu 12%, maka dari sisi IRR usaha pembibitan tanaman Lampoh Bijeh layak untuk dikerjakan. Nilai Net B/C sebesar 1,77 adalah lebih besar dari 1, maka dari sisi Net B/C usaha pembibitan tanaman Lampoh Bijeh layak untuk dikerjakan. Nilai PBP sebesar 3,42 tahun adalah lebih kecil dari umur proyek yaitu 5 tahun, maka dari sisi PBP usaha pembibitan tanaman Lampoh Bijeh layak untuk dikerjakan.

Published
2017-11-08
How to Cite
supristiwendi, supristiwendi, & safni, yulita. (2017). ANALISIS FINANSIAL USAHA PEMBIBITAN LAMPOH BIJEH DI KOTA LANGSA. Jurnal Penelitian Agrisamudra, 4(2), 49-56. https://doi.org/10.33059/jpas.v4i2.284
Section
Articles