KONTRIBUSI PENDAPATAN PEREMPUAN PENGUSAHA IKAN ASAP DI NEGERI NOLOTH KECAMATAN SAPARUA TIMUR KABUPATEN MALUKU TENGAH

  • Delian A. Papilaya Universitas Pattimura
  • Aphrodite M. Sahusilawane2
  • Raihana Kaplale
Keywords: kontribusi, perempuan pengusaha dan sistem pemasaran

Abstract

Kontribusi adalah suatu keterlibatan yang dilakukan oleh individu atau lembaga yang kemudian mempromosikan dirinya terhadap peran dalam sebuah kerja sama dan memberikan dampak nilai aspek sosial dan ekonomi. Kontribusi perempuan pengusaha ikan asap di Negeri Nolloth Kecamatan Saparua Timur Kabupaten Maluku Tengah dalam pemenuhan kebutuhan rumah tangga dengan cara membantu suami dari pendapatan usaha ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang historis perempuan pengusaha ikan asap dalam sistem pemasaran di Negeri Nolloth  dan kontribusi pendapatan perempuan pengusaha ikan asap dalam pemenuhan kebutuhan rumah tangga. Penelitian ini dilaksanakan di Negeri Nolloth sejak bulan Januari sampai bulan Februari 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Porposive Sampling (dipilih sengaja) untuk pemilihan lokasi dan metode Simple Random Sampling (acak sederhana) dengan mewancarai responden perempuan sebanyak 30 persen dari jumlah populasi 100 orang perempuan pengusaha ikan asap di Negeri Nolloth. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem pemasaran yang dilakukan perempuan pengusaha ikan asap yaitu menempati pasar Negeri Nolloth, berkeliling di dalam negeri maupun di negeri tetangga sambil membawa dagangannya untuk menjumpai pembeli dan memiliki pelanggan tetap (pengusaha pengecer) di pasar Saparua. Kontribsusi pendapatan dari 23 orang responden perempuan pengusaha ikan asap yang memiliki suami terhadap total pendapatan rumah tangga dari usahanya adalah 79,47 persen dan 7 orang responden perempuan yang tidak memiliki suami sebesar 100 persen.

References

Farida L., 2011. “Kontribusi Pendapatan Perempuan Bekerja Sektor Informal Pada Ekonomi Keluarga Di Kota Pekanbaru”. Jurnal Perempuan pp. Vol. 58 : 13-24.
Kusnadi., 2006. “Filosofi Pemberdayaan Masyarakat Pesisir.” Bandung: Humaniora.
Matitaputty I., 2016. “Peran Perempuan Penjual Jajanan di Pusat Jajanan Serba Ada Universitas Pattimura Ambon Terhadap Pendapatan Rumahtangga”. Jurnal Agrilan. Vol 4 (3).
Rangotwat A, A., 2010. “Peran Perempuan Papalele Dalam Kegiatan Domestik dan Publik Untuk Meningkatkan Pendapatan Rumahtangga (Studi Kasus Perempuan Papalele Buah-Buahan di Desa Hatalai Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon)”. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Pattimura. Ambon
Ratnawati., 2015. “Motivasi Perempuan Bekerja Dalam Rangka Meningkatkan Peranannya di Bidang Ekonomi”. Jurnal Perempuan pp. Vol 25(8): 27-38.
Salim. E. 1982. Perencanaan Pembangunan dan Pemerataan Pendapatan. Penerbit Yayasan Idaya. Jakarta.
Salim Peter & Salim Yeni., 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Modern English Press. Jakarta
Soekartawi., 1995. Analisis Usahatani. Penerbit Universitas Indonesia. Jakarta.
Sudarwati, L 2003. Wanita dan Struktur Sosial (Suatu Analisis Tentang Peran Ganda Wanita Indonesia). Medan, Universitas Sumatera Utara.
Tamarli, 1994. “Partisipasi Petani Dalam Penyuluhan dan Penerapan Program Supra Insus”. Tesis. Pasca Sarjana IPB. Bogor
Published
2020-12-28
How to Cite
A. Papilaya, D., M. Sahusilawane2A., & Kaplale, R. (2020). KONTRIBUSI PENDAPATAN PEREMPUAN PENGUSAHA IKAN ASAP DI NEGERI NOLOTH KECAMATAN SAPARUA TIMUR KABUPATEN MALUKU TENGAH . Jurnal Penelitian Agrisamudra, 7(2), 71-81. https://doi.org/10.33059/jpas.v7i2.2957