Analisis Persediaan Bahan Baku (Raw Material Inventory) Ubi Kayu Dengan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Pada Industri Keripik Cinta Mas Hendro

  • Tiara Egya Dwica
  • Fiddini Alham
  • Cut Gustiana
Keywords: Bahan Baku; Economic Order Quantity, Pengendalian; Persediaan

Abstract

Secara umum pengendalian persediaan bahan baku dihitung dengan melakukan analisis dengan metode Economic Order Quantity (EOQ). Keripik Cinta Mas Hendro merupakan usaha yang bergerak di bidang kuliner cemilan keripik yang cukup besar dan berdiri sejak tahun 2008. Saat ini Keripik Cinta Mas Hendro memiliki tenaga kerja sebanyak 350 orang yang yang pekerjaanya dibagi atas 3 sift. Rata rata produksi pertahunnya adalah 150 ton/bulan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakan persediaan bahan baku Industri Keripik Cinta Mas Hendro terdiri atas jumlah pembelian yang ekonomis, menganalisis jumlah persediaan pengaman sebelum dilakukan titik pemesanan kembali, dan menganalisis jumlah persediaan maksimal yang dimiliki industri keripik cinta mas hendro. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2022 dan merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan dilakukan sampel secara purposive sampling dengan pendekatan studi kasus.pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuisioner, dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas liliefors, EOQ, Safety stock, Re-order point, Maksimum inventory, Total inventory cost dan efisiensi biaya persediaan. Hasil dari penelitian ini adalah jumlah pembelian yang ekonomis bahan baku ubi kayu pada keripik cinta mas hendro adalah 85.772,98 Kg dengan frekuensi sebanyak 22 kali. Dengan menggunakan metode EOQ nilai safety stock 18.618,99 kg, dan titik pemesanan kembali disaat jumlah mencapai 23.758,79 Kg. Dengan menggunakan metode EOQ total biaya persediaan yang dikeluarkan dapat menjadi efisien dan perusahaan dapat menekan biaya agar lebih rendah lagi.

References

Efendi, Jainuril., khoirul hidayat, dan raden fairuz (2019). Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Kerupuk Mentah Potato dan Kentang Keriting Menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ). Performa: Media Ilmiah Teknik Industri, Vol. 18, No.2, 125-134.
Ferninda. (2017). Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku ubi Kayu Dengan Metode Economic Order Quantity (EOQ). Skripsi. Departemen Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara. Medan.
Fitra, Nur Azmi., H. Effendy dan Dafina Howara (2017). Analisis Manajemen Persediaan Bahan Baku Cokelat Pada Industri Rapoviaka Simple Di Kota Palu. E-J. Agrotekbis, 491-500.
Mahmuda, Q.A., Dan Agustin, Wulan. S.D. (2020). Analisis Pengendalian Internal Persediaan Bahan Baku Terhadap Aktivitas. Jurnal Mahasiswa Akuntansi (Jamak), 113.
Murtiana Caniago, D. I. (2014). Deskripsi Karakter Morfologi Ubi Kayu (Manihot Esculenta Crantz). Jom Fmipa, 613-619.
Nugraha, P. S. (2008). Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Dalam Perencanaan Produksi Studi Kasus pada PT Budi Manunggal Di DIY. Skripsi. Fakutas Ekonomi. Jurusan Manajemen. Program Studi Manajemen. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Yogyakarta
Nuryadi, dkk(2017). Dasar Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.
Ramadhani, S. (2018). Analisis Persediaan Bahan Baku Dengan Metode Economic Order Quantity Pada Industri Rumah Tangga Pia Mirah. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Makassar. Makassar.
Robyanto, Chairul. B., Q Made Antara, dan Ratna Komala Dewi. Analisis Persediaan Bahan Baku Tebu Pada Pabrik Gula Pandji PT. Perkebunan Nusantara XI (Persero) Situbondo, Jawa Timur
Saputra, A. V. (2022). Strategi Produksi Industri Kerajinan Sentra Tahu Di Tinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Di Home Industri Tahu Pak Ahfan Di Kelurahan Kalikabong Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga). In Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto : Purwokerto.
Sofiyanurriyanti. (2018). Analisa Persediaan Bahan Baku Mengunakan Metode EOQ (Economy Order Quantity) di CV. Alfa Nafis. Rekayasa, 10(2), 65– 70.
Published
2022-12-30
How to Cite
Dwica, T. E., Alham, F., & Gustiana, C. (2022). Analisis Persediaan Bahan Baku (Raw Material Inventory) Ubi Kayu Dengan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Pada Industri Keripik Cinta Mas Hendro. Jurnal Penelitian Agrisamudra, 9(2), 68-78. https://doi.org/10.33059/jpas.v9i2.7204

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>