Strategi Bertahan Kegiatan Pemasaran Home Industry YUAN Di Masa Pandemi Covid-19

  • Susi Putri Ayu Lestari
  • Mardiyah Hayati
Keywords: Strategi Pemasaran; STP; Bauran Pemasaran; AHP

Abstract

Penjualan para pelaku usaha mengalami penurunan karena adanya penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh pemerintah sebagai upaya penekanan jumlah penyebaran covid-19 sehingga para pelaku usaha termasuk pemilik home industry “YUAN” dituntut memikirkan strategi pemasaran pasca pandemi untuk mengembalikan kondisi perekonomian usahanya. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah 1) menganalisis eksisting strategi pemasaran home industry “YUAN”; (2) menganalisis strategi pemasaran home industry “YUAN” pasca pandemi covid-19; (3) menentukan prioritas strategi bauran pemasaran pasca pandemi covid-19. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis STP (Segmenting, Targeting, Positioning), bauran pemasaran (marketing mix) dan AHP (Analytical Hierarchy Process). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemilik telah menerapkan segmenting, targeting, positioning dan strategi bauran pemasaran namun belum optimal; (2) pemilik perlu memperbaiki beberapa strategi pemasaran yang telah dilakukan; (3) prioritas strategi bauran pemasaran pasca pandemi covid-19 adalah strategi tempat atau distribusi.

References

Al-amin, M., & Juniati, D. (2017). Klasifikasi Kelompok Umur Manusia Berdasarkan Analisis Dimensi Fraktal Box Counting dari Citra Wajah dengan Deteksi Tepi Canny. Jurnal Ilmiah Matematika, 2(6), 33–42.
Alexander, J., Misra, S., & Shenoy, V. (2020). Coca Cola India and its Distribution Channel : A Selection by Analytic Hierarchy Process (AHP). High Technology Letters, 26(5), 455–469.
Astina, S. T., Sunarti, & Mawardi, M. K. (2016). Analisis Segmentation, Targeting, dan Positioning dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing melalui Strategi Pemasaran di Toko Pia Cap Mangkok Cabang Semeru. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 39(2), 57–66.

Augustinah, F., & Widayati. (2019). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong di Kabupaten Sampang. Jurnal Dialektika, 4(2), 1–20.
Awali, H., & Rohmah, F. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing pada Keberlangsungan UMKM di Kota Pekalongan di Tengah Dampak Covid-19. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1342
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Grace, P. I., Osman, Z., & Tze-yin, L. (2020). Marketing Mix and STP Strategies : An Exploratory Study into Grocery Retailers in Malaysia. Asian Journal of Enterpreneurship, 1(4), 129–143.
Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934
Hardiyansyah, A., Andri Ikhwana, & Rina Kurniawati. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Usaha Mie Basah (Studi Kasus Di PD. LUGINA - Garut). Jurnal Kalibrasi, 13(1), 1–13.
Jamira, A. (2017). Analisis Segmentasi, Targeting dan Positioning Studi Kasus Keripik Kentang Leo. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3), 235–242.
JawaPos.com. (2020). Akumindo Yakin Kontribusi UMKM Tahun ini Capai Rp. 2.394,5 Triliun. JawaPos. https://www.jawapos.com/ekonomi/16/01/2020/akumindo-yakin-kontribusi-umkm-tahun-ini-capai-rp-2-3945-triliun/. Diakses 25 November 2021.
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2019). Marketing 4.0 Bergerak dari Tradisional ke Digital (6th ed.). PT Gramedia Pustaka Utama.
Krisnawati, D. (2018). Peran Perkembangan Teknologi Digital pada Strategi Pemasaran dan Jalur Distribusi UMKM di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(1), 69–74. https://doi.org/10.35137/jmbk.v6i1.175
Laucereno, S. F. (2020). Gara-Gara Corona, Pertumbuhan Ekonomi RI Jadi Sulit Diterawang. Detikfinance. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5179803/gara-gara-corona-pertumbuhan-ekonomi-ri-jadi-sulit-diterawang
Lusinta, A. D. A., Titin, T., & Azizah, L. N. (2019). Analisis Segmenting, Targeting dan Positioning untuk Merumuskan Strategi Pemasaran Global pada UKM Kacang Mede “Bawang Mas” Surabaya. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, 4(2), 907–920. https://doi.org/10.30736/jpim.v4i2.249. Diakses 25 November 2021.
Maulana, I., Manulang, J. M. br., & Salsabila, O. (2020). Pengaruh Social Media Influencer terhadap Perilaku Konsumtif di Era Ekonomi Digital. Jurnal Majalah Ilmiah Bijak, 17(1), 28–34.
Mubarak, R. A., & Sulistyowati, L. (2020). Manfaat Internet Marketing dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM Puree Mangga. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 2(1), 272–287.
Nuraeni, L., & Harnanik. (2017). Strategi Bauran Pemasaran Usaha Kecil Keripik Bhineka di Desa Belendung Kecamatan Purwadadi Kabupaten Subang. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 647–655.
Nurmaida, E. A., Tuwo, M. A., & Surni. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Produk Abon Ikan (Suatu Kasus pada UMKM Citra Permata Kendari). Jurnal Ilmiah Agribisnis (Jurnal Agribisnis Dan Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian, 4(2), 45–51.
Pramesti, F., Wibawa, B. M., & Sinansari, P. (2020). Analisis Penentuan Prioritas Platform Media Sosial pada Performa Pemasaran UKM: Kasus di Kota Surabaya. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 9(1), 21–26. https://doi.org/10.12962/j23373520.v9i1.50604
Rahmawati, D., Handayani, R. D., & Fauzzia, W. (2019). Pengembangan Pemasaran Produk Roti dan Pastry dengan Bauran Pemasaran 4P di Sari Good Bakery. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 233–243.
Rifai, Z., & Meiliana, D. (2020). Pendampingan dan Penerapan Strategi Digital Marketing bagi UMKM Terdampak Pandemi Covid-19. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 604–609. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.540
Utama, I. D. (2019). Analisis Strategi Pemasaran pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada Era Digital di Kota Bandung. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i1.3829
Utami, H. N., & Firdaus, I. F. A. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Perilaku Online Shopping: Perspektif Pemasaran Agribisnis. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 2(1), 136–146.
Wahyurini, E. T., & Zahro, A. (2017). Pemasaran Komprehensif dalam Agribisnis Lorjuk (Solen grensalis) di Kabupaten Pamekasan Madura. Jurnal Agriekonomika, 6(1), 86–96. https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v6i1.1903
Published
2023-06-30
How to Cite
Lestari, S. P. A., & Hayati, M. (2023). Strategi Bertahan Kegiatan Pemasaran Home Industry YUAN Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Agrisamudra, 10(1), 1-17. https://doi.org/10.33059/jpas.v10i1.8281