Pengembangan Media Interaktif Berbantuan Canva Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) Pada Pembelajaran Seni Rupa Di Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemanfaatan dan penggunaan media pembelajaran interaktif berbantuan IT yang sejalan dengan perkembangan zaman, serta kurangnya variasi dalam media pembelajaran yang tersedia. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Dengan validitas pembelajaran rata-rata 85,4%, validitas materi 75%, validitas bahasa 90%, validitas media 91,4%. Hasil uji praktikalitas menunjukkan persentase sebesar 96% dari angket respon guru dan 96,3% dari angket respon peserta didik, keduanya dengan kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas memperoleh rata-rata 89,3%, yang masuk dalam kategori sangat efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media interaktif berbantuan Canva pada pembelajaran Seni Rupa kelas IV di sekolah dasar terbukti valid, praktis, dan efektif dalam mendukung proses pembelajaran.