Pengembangan Bahan Ajar Digital Seni Rupa Menggunakan Flipbook Maker Berbasis Project Based Learning dalam Menggambar Objek Tumbuhan di Kelas V Sekolah Dasar

  • Latania Yusma Fitas Taftian Universitas Negeri Padang
  • Yunisrul
Keywords: Bahan ajar digital, seni rupa, flipbook maker, Project Based Learning

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya bahan belajar yang tersedia di sekolah serta bahan ajar yang belum melibatkan teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar digital yang valid, praktis dan efektif menggunakan flipbook maker berbasis Project Based Learning dalam pembelajaran seni rupa. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima langkah yaitu : analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Bahan ajar divalidasi yang bersumber dari ahli materi   89,99 %, ahli media 83,57 %  dan 70,52 % dari ahli bahasa dengan kategori sangat valid. Uji kepraktisan diperoleh diperoleh dari angket yan diberikan kepada guru sebesar  94,28 % dan peserta didik 94% dengan kategori sangat praktis. Hasil keefektivan bahan ajar diperoleh persentase 62,77 % dengan kategori cukup efektif.   Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar digital seni rupa menggunakan flipbook maker berbasis Project Based Learning di sekolah dasar telah dinyatakan valid, praktis dan cukup efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

 

Published
2024-08-01