Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Seni Rupa Materi Ragam Hias di Kelas V SDN Gugus III Lubuk Sikarah Kota Solok

  • Wilia Zahra Universitas Negeri Padang
  • Yunisrul Universitas Negeri Padang
Keywords: Project Based Learning (PjBL), Hasil Belajar, Pembelajaran Seni Rupa

Abstract

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil pembelajaran seni rupa di Gugus III Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok. Hal ini dikarenakan pembelajaran dengan model variatif belum dilaksanakan secara maksimal, pembelajaran lebih banyak mengunakan model konvensional, dan peserta didik kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran seni rupa materi ragam hias di kelas V SDN Gugus III Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian Quasy Eksperimental bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi terdiri terdiri dari seluruh peserta didik Gugus III Kecamatan Lubuk Sikarah yang menerapkan pembelajaran seni rupa. Pengambilan data sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, sehingga diperoleh sampel penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 02 Aro IV Korong sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN 13 Simpang Rumbio sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian nilai rata-rata kelas eksperimen 79,56 dengan standar deviasi 13,896 dan nilai rata-rata kelas kontrol 68,83 dengan standar deviasi 12,729. Berdasarkan perhitungan uji-t (t-test) diperoleh thitung sebesar 2,4181 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 0,05 adalah 2,0322, sehingga thitung>ttabel yang berarti H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran seni rupa materi ragam hias di Kelas V SDN Gugus III Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok.

 

 

Published
2024-08-01