Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay Di Kelas V SDN 01 Sarilamak Kabupaten 50 Kota

  • Miranda Putri Jamila Dinda Universitas Negeri Padang
  • Yesi Anita
  • Elfia Sukma
  • Rafhi Febryan Putera
Keywords: Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila, Model Course Review Horay (CRH)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan di lapangan yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik karena kurangnya aktivitas belajar yang melibatkan peserta didik dikarenakan proses pembelajaran masih berpusat kepada guru, sehingga peserta didik masih kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila menggunakan model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay (CRH) di Kelas V SDN 01 Sarilamak Kabupaten 50 Kota.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dengan prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian yang diperoleh berkaitan dengan hasil pembelajaran model Course Review Horay. Teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes. Subjek penelitian ini adalah guru kelas sebagai pengamat atau observer, peneliti sebagai praktisi atau guru, dan peserta didik kelas V SDN 01 Sarilamak Kabupaten 50 Kota yang berjumlah 20 orang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, modul ajar siklus I diperoleh rata-rata 83,3% (B), meningkat pada siklus II menjadi 95,8% (SB). Kedua, hasil pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 81,5% (B), meningkat pada siklus II menjadi menjadi 95,45% (SB). Ketiga, hasil pelaksanaan pembelajaran aspek peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 81,5% (B), meningkat pada siklus II menjadi menjadi 95,45% (SB). Keempat, hasil belajar peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 73,28 (C), meningkat pada siklus II menjadi menjadi 87,75 (B). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V SDN 01 Sarilamak Kabupaten 50 Kota.

Published
2024-08-05