Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Seni Rupa Dengan Model Project Based Learning (PjBL) Tentang Melipat Kertas Di Kelas II SD Negeri 10 ATTS Kota Bukittinggi

  • Viona Febria Politeknik Pos Indonesia
  • Yunisrul
Keywords: Belajar Peserta Didik,, Melipat Kertas,

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar melipat kertas peserta didik di kelas II Sekolah Dasar Negeri 10 ATTS Kota Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam melipat kertas dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di kelas II SD Negeri 10 ATTS Kota Bukittinggi.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif da kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dilaksanakan 2 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 1 kali pertemuan. Disetiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik dikelas II SD Negeri 10 ATTS Kota Bukittinggi dengan jumlah 28 orang peserta didik.

Hasil penelitian menunjukkan peningkatan, dilihat dari aspek Modul Ajar di siklus I memperoleh rata-rata 84,41% dengan kualifikasi baik (B) dan siklus II 91,66% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I rata-rata yaitu 84,37% dengan kualifikasi baik (B), dan pada siklus II meningkat menjadi 93,75% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Aspek peserta didik siklus I rata-rata yaitu 81,24% dengan kualifikasi baik (B), dan pada siklus II meningkat menjadi 93,75% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 77,82% dengan kualifikasi baik (B), dan pada siklus II meningkat menjadi 91,25% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Dengan demikian model Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam melipat kertas di kelas II SD Negeri 10 ATTS Kota Bukittinggi.

Published
2024-08-13