Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Canva dengan Model Project Based Learning pada Materi Ragam Hias di Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kenyataan bahwa kurangnya pemanfaatan teknologi terhadap pembuatan bahan ajar disekolah. Padahal terdapat fasilitas yang memadai untuk pembuatan bahan ajar menggunakan teknologi. Alasan guru tidak memanfaatkan fasilitas yang ada dengan maksimal adalah karena kekurangan waktu dan guru belum memiliki kemampuan untuk merancang bahan ajar menggunakan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa e-modul menggunakan canva pada pembelajaran Seni Rupa materi Ragam Hias yang valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Model ADDIE terdiri atas lima tahapan yaitu analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Hasil penelitian ini memperoleh bahan ajar berupa e-modul yang valid, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil validasi dari tiga validator yaitu ahli materi, bahasa, ahli bahan ajar memperoleh hasil akhir sebesar 95,43% dengan kategori “Sangat Valid”. Hasil praktikalitas dari angket respon guru dan peserta didik diuji coba 92,21% sedangkan di sekolah penelitian memperoleh hasil akhir sebesar 94,14% dengan kategori “Sangat Praktis”. Hasil efektivitas disekolah uji coba SDN 02 Talang Babungo dan sekolah tempat penelitian di SDN 14 Talang Babungo hasil pre test dan post test ada peningkatan hasil. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan “ Bahan ajar Berbantuan Canva dengan Model Project Based Learning pada Materi Ragam Hias di Kelas Sekolah Dasar” sangat valid, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.