Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran IPAS Di Kelas IV SDN 34 Simpang Haru Kota Padang

  • Ulfa Miftahur Rahmi universitas negeri padang
  • Farida S Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan di lapangan yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik karena kurangnya aktivitas belajar yang melibatkan peserta didik dikarenakan proses pembelajaran masih berpusat kepada guru, sehingga peserta didik masih kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran IPAS Di Kelas IV SDN 34 Simpang Haru Kota Padang.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dengan prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian yang diperoleh berkaitan dengan hasil pembelajaran model Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data berupa analisis pengamatan atau observasi, tes dan non tes. Subjek penelitian ini adalah guru kelas sebagai pengamat atau observer, peneliti sebagai praktisi atau guru, dan peserta didik kelas IV SDN 34 Simpang Haru Kota Padang yang berjumlah 28 orang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, modul ajar siklus I diperoleh rata-rata 83,3 % (B), meningkat pada siklus II menjadi 95,8% (SB). Kedua, hasil pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 75% (C), meningkat pada siklus II menjadi menjadi 96,42% (SB). Ketiga, hasil pelaksanaan pembelajaran aspek peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 75% (C), meningkat pada siklus II menjadi menjadi 96,42% (SB). Keempat, hasil belajar peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 65,13(C), meningkat pada siklus II menjadi menjadi 82,69 (B). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS di kelas IV SDN 34 Simpang Haru Kota Padang.

Published
2024-08-18