Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Pendekatan CTL Pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV SD

  • Nur Azlin Universitas Negeri Padang
  • Atika Ulya Akmal Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media yang menarik dan berbasis teknologi dalam pembelajaran di sekolah. Salah satu inovasi media pembelajaran yang sejalan dengan perkembangan teknologi saat ini dan disukai oleh anak-anak adalah komik digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik digital berbasis pendekatan CTL pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD yang valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) dengan menggunakan model ADDIE yang memiliki lima tahapan, yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan evaluation (evaluasi). Data diperoleh berdasarkan lembar validasi dan lembar praktikalitas. Lembar validasi terdiri dari validasi ahli materi, ahli kebahasaan, dan ahli media. Sedangkan angket praktikalitas terdiri dari angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 08 Pasar Surantih. Sedangkan subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SDN 01 Koto Merapak. Hasil uji validitas ahli materi memperoleh hasil 92,5% dengan kategori “sangat valid”. Hasil uji validitas ahli kebahasaan memperoleh hasil 95,83% dengan kategori “sangat valid”. Hasil uji validitas ahli media memperoleh hasil 97,5% dengan kategori “sangat valid”. Hasil uji praktikalitas respon guru memperoleh hasil 92,5% dan 95% dengan kategori “sangat praktis”. Hasil uji praktikalitas respon peserta didik memperoleh hasil 91,25% dan 92,36% dengan kategori “sangat praktis”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa komik digital berbasis pendekatan CTL pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD telah dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media yang menarik dan berbasis teknologi dalam pembelajaran di sekolah. Salah satu inovasi media pembelajaran yang sejalan dengan perkembangan teknologi saat ini dan disukai oleh anak-anak adalah komik digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik digital berbasis pendekatan CTL pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD yang valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) dengan menggunakan model ADDIE yang memiliki lima tahapan, yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan evaluation (evaluasi). Data diperoleh berdasarkan lembar validasi dan lembar praktikalitas. Lembar validasi terdiri dari validasi ahli materi, ahli kebahasaan, dan ahli media. Sedangkan angket praktikalitas terdiri dari angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 08 Pasar Surantih. Sedangkan subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SDN 01 Koto Merapak. Hasil uji validitas ahli materi memperoleh hasil 92,5% dengan kategori “sangat valid”. Hasil uji validitas ahli kebahasaan memperoleh hasil 95,83% dengan kategori “sangat valid”. Hasil uji validitas ahli media memperoleh hasil 97,5% dengan kategori “sangat valid”. Hasil uji praktikalitas respon guru memperoleh hasil 92,5% dan 95% dengan kategori “sangat praktis”. Hasil uji praktikalitas respon peserta didik memperoleh hasil 91,25% dan 92,36% dengan kategori “sangat praktis”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa komik digital berbasis pendekatan CTL pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD telah dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Published
2024-08-18