Peningkatan Hasil Belajar Seni Tari Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) Di Kelas V SDN 05 Birugo Bukittinggi

  • Radina Faradilla Universitas Negeri Padang
  • Mansurdin Universitas Negeri Padang
Keywords: Peserta didik,, Hasil belajar, Seni tari, PJBL

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah, proses pembelajaran terutama seni tari belum berpusat kepada peserta didik, hal ini terlihat pada proses pembelajaran seni tari peserta didik kurang aktif. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran seni tari menggunakan model project based learning.Pendekatan yang digunakan merupakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2x pertemuan, dan siklus II terdiri dari 2x pertemuan. Disetiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V yang berjumlah 22 orang.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar seni tari dari siklus I ke siklus II yaitu: a) Penilaian modul ajar siklus I mendapatkan rata-rata 75% dan meningkat pada siklus II mendapatkan rata-rata 94,44%, b) Aspek aktivitas guru pada siklus I mendapatkan rata-rata 71,8% dan meningkat pada siklus II menjadi 93,75%, c) Aspek peserta didik pada siklus I mendapatkan rata-rata 71,8% dan meningkat pada siklus II menjadi 93,75%, d) Penilaian hasil belajar pada siklus I mendapatkan rata-rata 69,16% dan meningkat pada siklus II menjadi 83,4%. Dengan demikian pembelajaran seni tari menggunakan model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

 

 

Published
2024-08-26