Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Tema 8 “Lingkungan Sahabat Kita” SD Negeri 6 Langsa
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu guru belum pernah melakukan penelitian kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa: (1) Subjek SHA dengan TKBK 4mampu memenuhi 4 indikator berpikir kritisserta mampu menyelesaikan 4 sub indikator. (2) Subjek RR dengan TKBK 3 mampu memenuhi 4 indikator mampu menyelesaikan 3 sub indikator berpikir kritis dengan benar. (3) Subjek MOA dengan TKBK 2 mampu memenuhi 4 indikator berpikir kritis namun hanya mampu menyelesaikan 2 sub indikator berpikir kritis dengan benar. (4)Subjek RAS dengan TKBK1 mampu memenuhi 4 indikator berpikir kritisnamun hanya mampu menyelesaikan 1 sub indikator berpikir kritis dengan benar.