Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 6 “Aku dan Cita-Citaku” SD Negeri 6 Langsa

  • Altia Diana Universitas Samudra
  • Sofiyan Sofiyan Universitas Samudra
  • Alpidsyah Putra Universitas Samudra
  • Dini Ramadhani Universitas Samudra
Keywords: Learning Cycle 7 e, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar peserta didik di kelas IV.a yang menggunakan model pembelajaran learning cycle 7e dengan kelas IV.b yang menggunakan pembelajaran konvensional di SD Negeri 6 Langsa. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis quasi eksperimental. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar antara kelas yang menggunakan model pembelajaran learning cycle 7e dengan kelas yang menggunakan model konvensional setelah perlakuan di SD Negeri 6 Langsa. Hasil perhitungan thitung sebesar 9,46 dan nilai ttabel dengan taraf signifikasi 1% adalah 2,44. thitung ≥ ttabel, atau 9,46 ≥  2,44. Hasil belajar siswa pada ranah sikap dan keterampilan di kelas IV.a memperoleh predikat sangat baik sedangkan di kelas IV.b memperoleh predikat baik dan cukup.

Published
2019-09-16