Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give di Kelas V SDN 02 Percontohan Kota Bukittinggi

  • Yessy Afriliani Universitas Negeri Padang
  • Yunisrul
Keywords: hasil belajar, pembelajaran tematik terpadu, Take and Give

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya perencanaan pembelajaran, kurang maksilmalnya pelaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar peserta didik yang masih rendah. Tujuan penelitian secara umum adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give di kelas V SDN 02 Percontohan Kota Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru dan 36  peserta didik kelas V SDN 02 Percontohan Kota Bukittinggi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret semester II tahun ajaran 2021/2022. Prosedur penelitian terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada aspek : a) RPP siklus I  memperoleh rata-rata 87,4% (baik)  meningkat pada siklus II menjadi 97,2% (sangat baik). b) Pelaksanaan aspek guru siklus I memperoleh rata-rata 84% (baik) meningkat pada siklus II menjadi 95,4% (sangat baik), aspek peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 82,9% (baik) meningkat pada siklus II menjadi 93,1% (sangat baik). c) Hasil belajar pada siklus I memperoleh rata-rata 75,1 (cukup) meningkat pada siklus II menjadi 87,9 (baik). Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 02 Percontohan Kota Bukittinggi.

Published
2022-08-05