Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality pada Materi Volume Kubus dan Balok di Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Padang

  • Miftahul Khaira Universitas Negeri Padang
  • Masniladevi Universitas Negeri Padang
Keywords: media pembelajaran, augmented reality, bangun ruang, ADDIE

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan teknologi di berbagai bidang termasuk pendidikan. Salah satu pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan adalah pada media pembelajaran. Salah satu teknologi yang sedang berkembang saat ini adalah penggunaan teknologi Augmented Reality. Augmented Reality merupakan teknologi visual yang menggabungkan objek dunia maya ke dalam tampilan dunia nyata secara real time. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE yang memiliki lima tahap yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi . Hasil uji validitas materi pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi Augmented Reality diperoleh persentase sebesar 84,35% dengan kategori sangat valid, hasil uji validitas bahasa sebesar 77,1% dengan kategori valid, dan hasil uji validitas bahasa sebesar 77,1% dengan kategori valid. uji validitas bahasa sebesar 77,1% dengan kategori valid. uji validitas media sebesar 86,6% dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil uji kepraktisan dari respon guru diperoleh hasil 97% pada kategori sangat praktis dan 86% hasil respon siswa pada kategori sangat praktis. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa media pembelajaran berbasis teknologi Augmented Reality pada volume kubus dan balok di kelas V SD adalah valid dan praktis.

Published
2022-08-05