Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Di Kelas IV SD Negeri 02 Magek Kabupaten Agam

  • Irna Silvia Universitas Negeri Padang
  • Melva Zainil
Keywords: Hasil belajar, tematik terpadu, Discovery Learning

Abstract

belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Discovery Learning di kelas IV SD Negeri 02 Magek Kabupaten Agam. Penelitian dilakukan dalam jangka waktu 3 minggu. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitiannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil pengamatan dari aspek Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di siklus I diperoleh rata-rata 81,8% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 95,5% (Sangat Baik). Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata yaitu 81% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 91,6% (Sangat Baik). Aspek peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata yaitu 81% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 94,4% (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 79 (Cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 88,3 (Baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu di SD Negeri 02 Magek Kabupaten Agam.

Published
2022-08-19