Pengaruh Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Peserta didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SDN

  • Pratiwi Wulandari Wulandari Universitas Negeri Padang
  • Nelly Astimar Astimar
Keywords: Team Assisted Individualization (TAI), Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Jenis Penelitian ini adalah kuantitaif dengan metode eksperimental. Desain yang digunakan dalam Penelitian ini adalah quasy eksperimental design berupa non equivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN . Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 26 Painan Selatan berjumlah 32 orang dimana siswa kelas IV A berjumlah 16 orang dan siswa kelas IV B berjumlah 16 orang. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh t hitung sebesar 3,18 dan t tabel sebesar 2,042. hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu kelas IV SDN.

Published
2022-08-19