Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas III SDN 05 Payakumbuh

  • Tri Denia Julesi Universitas Negeri Padang
  • Rifda Eliyasni Universitas Negeri Padang
Keywords: Tematik Terpadu, Hasil Belajar, Discovery Learning

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah dan kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan menggunakan model Discovery Learning di kelas III SDN 05 Payakumbuh.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I  terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas Kelas III SDN 05 Payakumbuh dengan jumlah 25 orang. Data penelitian berupa hasil pengamatan RPP, hasil pengamatan pembelajaran tematik terpadu dan hasil belajar peserta didik menggunakan model Discovery Learning.

Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan rata-rata 80,68% (baik) dan siklus II 90,91% (sangat baik), b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 81,26% (baik), dan siklus II 90,63% (sangat baik), sedangkan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 81,26% (baik), dan siklus II 93,75% (sangat baik), c) Penilaian terhadap peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 73,75 dan siklus II dengan rata-rata 84,5. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu di sekolah dasar.

Published
2022-08-19