Penggunaan Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar

  • Alda Risma Alda Risma Universitas Negeri Padang
  • Desyandri
Keywords: model TPS, hasil belajar, pembelajaran tematik terpadu

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh dalam proses pembelajaran  masih 1 arah yaitu hanya guru yang mendominasi pembelajaran sehingga pembelajaran berpusat pada guru, guru belum maksimal mengawasi aktifitas berkelompok pada peserta didik. selain itu guru belum dapat meningkatkan daya nalar dan analisis peserta didik terhadap suatu permasalahan. Penelitian ini di laksanakan di SDN 02 Muaro Paiti Kabupaten 50 Kota  Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I dengan rata-rata 86,37% (baik) dan siklus II 95,45% (sangat baik), b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 82,82% (baik) dan siklus II 93,75% (sangat baik), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 82,82% (baik), dan siklus II 93,75% (sangat baik), c) Penilaian terhadap peserta didik dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 74,14 dan siklus II dengan rata-rata  83. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Published
2022-10-13