Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Quantum Teaching di Kelas IV SD Negeri 09 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman

  • Silfi Indriani Indriani Universitas Negeri Padang
  • Hamimah Hamimah
Keywords: Hasil Belajar, Tematik Terpadu, Model Quantum Teaching

Abstract

        Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan yang ditemukan di sekolah, yaitu hasil belajar peserta didik rendah yang disebabkan oleh minimnya guru dalam mengembangkan model pembelajaran yang membuat peserta didik tidak terlibat secara aktif dalam pembelajaran, guru kurang  menumbuhkan   minat   belajar peserta didik, sehingga dalam belajar peserta didik banyak yang tidak semangat, dan guru kurang memberikan penghargaan kepada peserta didik yang aktif dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Quantum Teaching di kelas IV SD Negeri 09 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman.

        Penelitian ini dilaksananakan dengan model Quantum Teaching di kelas IV SD Negeri 09 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV yang berjumlah 22 orang. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes, dan non tes.

        Hasil penelitian siklus I RPP diperoleh rata-rata 84,09% (B) dan meningkat pada siklus II 95,45% (A). Pelaksanaan pada aktivitas guru siklus I rata-rata 85% (B) dan meningkat pada siklus II 92,5% (A). Pelaksanaan pada aktivitas peserta didik siklus I rata-rata 85% (B) dan meningkat pada siklus II 92,5% (A). Hasil penilaian belajar peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 71,97 (C) dan meningkat pada siklus II 84,23 (B). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu peserta didik di sekolah dasar.

Published
2022-09-05