Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada Materi Volume Bangun Ruang di Kelas VC SDN 21 Payakumbuh

  • Nur Aflah Universitas Negeri Padang
  • Melva Zainil
Keywords: Hasil Belajar, Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik, Penilaian

Abstract

Penelitian pada pembelajaran volume bangun ruang di kelas V ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik rendah dan pembelajaran kurang terlaksana dengan baik, pada pelaksanaannya guru belum menerapkan pendekatan pembelajaran inovatif, media pembelajaran konkret dan kurang memberikan permasalahan kepada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar materi volume bangun ruang dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI).

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian didahului dengan perancanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester II Tahun Ajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah guru sebagai observer, peneliti sebagai praktisi, dan peserta didik kelas VC sebanyak 21 orang yang terdiri dari 12 orang peserta didik laki-laki dan 9 orang peserta didik perempuan.

Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : 1) Perencanaan pembelajaran, yaitu siklus I dengan rata-rata 84,71% (baik) dan siklus II dengan rata-rata 94,44% (sangat baik). 2) Pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari aktivitas guru dimana siklus I dengan rata-rata 91,06% (baik) dan siklus II dengan rata-rata 96,42% (sangat baik) serta aktivitas peserta didik dimana siklus I dengan rata-rata 91 ,06% (baik) dan siklus II dengan rata-rata 96,42% (sangat baik). 3) Hasil belajar peserta didik siklus I diperoleh dengan rata-rata 73,13% dan siklus II dengan rata-rata 87,91%.Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dapat meningkat hasil belajar volume bangun ruang .

Published
2022-09-06