Pengembangan E-Modul Menggunakan Aplikasi Flip Pdf Corporate pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar

  • Salmia Mardhatillah Universitas Negeri Padang
Keywords: E-Modul, Flip PDF Corporate, Model ADDIE

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya sumber belajar yang tersedia di sekolah serta sumber belajar yang kurang bervariasi dan belum sepenuhnya pemanfaatan teknologi digunakan untuk mengembangkan sumber belajar. Sumber belajar yang tersedia masih berbentuk cetak, tampilannya yang kurang menarik membuat peserta didik menjadi jenuh sehingga motivasi belajar menjadi menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis dan menghasilkan e-modul menggunakan aplikasi Flip Pdf Corporate pada pembelajaran tematik terpadu disekolah dasar yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima langkah yaitu : analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). E-modul yang dirancang kemudian divalidasi oleh validator menggunakan lembar validasi berupa angket. Validasi produk terdiri dari validasi ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan ahli RPP. Untuk praktikalitas produk dilakukan dengan pengisian angket respon guru dan respon peserta didik. Subjek uji coba produk di UPTD SD Negeri 11 Cimpago Guguak Bulek Bukittinggi dan subjek penelitian produk di UPTD SD Negeri 17 Manggis Ganting Bukittinggi. Hasil dari penelitian e-modul memperoleh tingkat kevalidan 90% dari aspek materi, 91,7% dari aspek media, 93,7% dari aspek bahasa dan 90,7% dari aspek RPP dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil respon guru dan juga hasil respon peserta didik di sekolah uji coba dapat diketahui bahwa pembelajaran menggunakan e-modul sangat praktis dengan presentase kepraktisan dari respon guru di sekolah uji coba adalah 92,8% dan presentase kepraktisan dari respon peserta didik adalah 93,6%. Persentase respon guru di sekolah penelitian adalah 96,4% dan persentase respon peserta didik di sekolah penelitian adalah 93,6%. Hasil efektifitas e-modul menunjukkan hasil yang sangat efektif dengan persentase peningkatan hasil belajar peserta didik 86,7% dan ketuntasan 87%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-modul menggunakan aplikasi Flip PDF Corporate di sekolah dasar telah dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Published
2022-10-27