Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) di Kelas V SD Negeri 9 Padang Panjang Barat

  • Dyah Irfanny Syafa Universitas Negeri Padang
  • Hamimah Universitas Negeri Padang
Keywords: Hasil belajar, Tematik Terpadu, Model Contextual Teaching And Learning (CTL)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah dan kurang optimalnya pelaksanaan pembelajran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Contextual Teaching And Learning (CTL).

Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, yakni siklus I dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan sedangkan siklus II dilaksanakan dengan 1 kali pertemuan. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah semua peserta didik kelas V SD Negeri 9 Padang Panjang Barat dengan 9 peserta didik laki-laki dan 11 peserta didik perempuan. Keberhasilan rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan kegiatan pembelajaran, dan hasil belajar dapat diperoleh dengan lembar observasi dan tes.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil pengamatan  RPP siklus I yaitu 80,7% (B), meningkat pada siklus II menjadi 90,9% (SB). Ini juga terlihat pada rata-rata hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru siklus I adalah  82,4% (B) meningkat pada siklus II menjadi 91,7% (SB). Pada aktivitas peserta didik didapat rata-rata siklus I yaitu 82,4% (B) meningkat pada siklus II menjadi 91,7% (SB). Hasil belajar peserta didik  pada siklus I diperoleh rata-rata 71,5 (C) meningkat  pada siklus II menjadi 83,7 (B). berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model  Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri 9 Padang Panjang Barat.

Published
2022-09-20