Pengembangan Media Pembelajaran Volume Bangun Ruang dan Hubungan Pangkat Tiga dengan Akar Pangkat Tiga Berbasis Macromedia Flash 8 di Kelas V SDN 16 Ulakan Tapakis

  • Akri Yanti Hilman Universitas Negeri Padang
  • Yetti Ariani
Keywords: Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8, Model Pengembangan ADDIE

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari media pembelajaran merupakan alat yang penting digunakan dalam proses pembelajaran, karena penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat menyampaikan pesan dari isi materi ajar dan mendorong minat belajar peserta didik terutama pada pembelajaran matematika. Kecanggihan teknologi dengan berbagai software saat ini, diantaranya pada software Macromedia Flash 8 dan didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai dari sekolah dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media Macromedia Flash 8 pada pembelajaran volume bangun ruang di kelas V Sekolah Dasar yang valid dan praktis menggunakan model pengembagan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu 24 peserta didik yang terdiri dari 7 laki-laki dan 17 perempuan di kelas V SDN 16 Ulakan Tapakis. Pengambilan Data didapatkan menggunakan lembar validasi terdiri dari lembar validasi ahli bahasa, lembar validasi ahli materi dan lembar ahli media. Sedangkan angket respon terdiri dari angket respon guru dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian dari pengembangan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 memperoleh hasil uji validitas materi mendapatkan persentase sebesar 80%, hasil uji validitas bahasa mendapatkan persentase sebesar 80%, dan hasil uji validitas media mendapatkan persentase sebesar 85%. Sedangkan pada hasil uji praktikalitas angket respon guru memperoleh hasil sebesar 90% dan hasil uji praktikalitas respon peserta didik memperoleh hasil sebesar 85,41%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 pada materi volume bangun ruang di kelas V Sekolah Dasar telah valid dan praktis.

Published
2022-12-23