Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas V SDN 34 Pasar Baru Kabupaten Pesisir Selatan

  • Raudhatya Ummamy Universitas Negeri Padang
  • Elfia Sukma
Keywords: Hasil Belajar,, PBL,, Tematik Terpadu

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dimana permasalahan pada hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu yang masih rendah, peserta didik yang terlihat kurang aktif dalam pembelajaran, guru belum memperkenalkan peserta didik dengan masalah nyata yang dengan lingkungan peserta didik. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu kelas V SDN 34 Pasar Baru Kabupaten Pesisir Selatan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pendekatan dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) dan (4) Refleksi. Hasil pengamatan RPP pada siklus I pertemuan saya memperoleh hadiah 75% dengan kualifikasi baik (B) sehingga pada siklus I pertemuan II memperoleh hadiah 83,33% dengan kualifikasi baik (B) dan pada siklus II meningkat menjadi 94,4% dengan kualifikasi sangat baik (SB) ). Hasil pengamatan guru memperoleh 78,57% dengan kualifikasi baik (B) sehingga pada siklus I pertemuan II memperoleh 89,2% dengan kualifikasi baik (B) dan pada siklus II meningkat menjadi 96,42% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Hasil pengamat dari aspek peserta didik memperoleh 78,57% dengan kualifikasi baik (B) sehingga pada siklus I pertemuan II memperoleh 89,2% dengan kualifikasi baik (B) dan pada siklus II meningkat menjadi 96,42% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Hasil belajar pada siklus I pertemuan II memperoleh persentase 54,54% dengan rata-rata 69,83 dengan kaulifikasi (C) meningkat pada siklus I pertemuan II memperoleh persentase 72,72% dengan rata-rata 76,01 dengan kualifikasi baik (B ) dan pada siklus II meningkat menjadi 81,81% dengan rata-rata 80,67. Dengan demikian, pembelajaran tematik terpadu dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada kelas V SDN 34 Pasar Baru Kabupaten Pesisir Selatan.

Published
2022-11-19