Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Toghether di Kelas IV SDN 02 Muaro Paiti Kabupaten 50 Kota

  • Wirindu Cantika Universitas Negeri Padang
  • Rahmatina
Keywords: Hasil Belajar, Tematik Terpadu, Numbered Head Together

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dikarenakan: guru belum optimal menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together di Kelas IV SDN 02 Muaro Paiti Kabupaten 50 Kota. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas IV SDN 02 Muaro Paiti Kabupaten 50 Kota yang berjumlah 20 orang, terdiri dari 11 orang  laki-laki dan 9 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukan peningkatan :1) RPP pada Siklus I dengan rata-rata 79,1% (C) dan siklus II dengan rata-rata 91,6% (A). 2) Pelaksanaan pada aktivitas guru siklus I dengan rata-rata 79,1 % (C) dan siklus II dengan rata-rata 97,2% (A), serta pada aktivitas peserta didik pada siklus I dengan rata-rata 75% (C) dan siklus II dengan rta-rata 94,4% (A). 3) Hasil belajar peserta didik siklus I dengan rata-rata 76,6  (C) dan siklus II  dengan rata-rata 91,5 (A). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dijabarkan di atas dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu.

Published
2022-10-13