Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Penyajian Data dalam Bentuk Daftar, Tabel, dan Diagram di Kelas V SDN 17 Gunung Pangilun

  • Alfa Deltia Universitas Negeri Padang
  • Yetti Ariani
Keywords: Model discovery learning, hasil belajar peserta didik, pembelajaran penyajian data dalam bentuk daftar, tabel, dan diagram

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas V SDN 17 Gunung Pangilun. Hal ini dikarenakan guru belum menggunakan model pembelajarn yang efektif dalam proses pembelajaran dan guru juga belum membelajarkan peserta didik untuk menemukan konsep belajarnya sendiri pada saat pembelajaran berlangsung, sehingga berdampak pada peserta didik yang kurang memahami materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model discovery learning  untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi penyajian data dalam bentuk daftar, tabel, dan diagram di kelas V SDN 17 Gunung Pangilun.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Pada masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 17 Gunung Pangilun yang berjumlah 21 orang terdiri dari 11 peserta didik laki-laki dan 10 peserta didik perempuan. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pengamatan RPP, pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru dan peserta didik, serta hasil belajar peserta didik menggunakan model discovery learning.

Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan RPP pada siklus I rata-rata 83,3% dengan kualifikasi baik (B) meningkat menjadi 95,8% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik (A). Pada hasil observasi dari aspek guru dan aspek peserta didik siklus I rata-rata 78,0%  dengan kualifikasi baik (B) meningkat menjadi 93,7% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik (A). Selanjutnya hasil belajar peserta didik dengan skor dasar 42,8% pada siklus I memperoleh persentase 49,9% dengan kualifikasi kurang (D) dan meningkat menjadi 85,7% dengan kualifikasi sangat baik (A) pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi penyajian data dalam bentuk daftar, tabel, dan diagram di kelas V SDN 17 Gunung Pangilun.

Published
2022-12-09