Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penyajian Data di Kelas V SD
Abstract
Penelitian pada pembelajaran penyajian data dikelas V ini dilatar belakangi oleh ,pada saat pelaksanaan pembelajaran guru belum melibatkan siswa dalam menyelesaikan masalah dan mengenalkan kepada masalah yang nyata dalam kehidupan sehari-hari siswa ,akibatnya siswa belum terbiasa menyelesaikan masalah yang diberikan guru.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar penyajian data di kelas V SDN 03 Batu-Banyak Kabupaten Solok.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I pertemuan 1 pada RPP rata-rata 88,88%(baik),meningkat siklus 1 pertemuan 2 yaitu 91,66% (baik) dan meningkat pada siklus 2 menjadi 97,22% (Sangat baik).Pelaksanaan siklus I pertemuan I pada aktivitas guru rata-rata 78,5% (cukup), meningkat pada siklus I pertemuan II menjadi 85,7% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 96,4% (sangat baik). Pelaksanaan siklus I pertemuan 1 pada aktivitas peserta didik rata-rata 78,5% (cukup), meningkat pada siklus I pertemuan 2 menjadi 85,7% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 96,4% (sangat baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I rata-rata 63,33 (D), meningkat pada meningkat pada siklus II menjadi 84,68(B). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar penyajian data di Sekolah Dasar