Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penyajian Data di Kelas V SD

  • Rosa universitas negeri padang
  • Masniladevi
Keywords: Problem Based Learning, hasil belajar, penyajian data

Abstract

Penelitian pada pembelajaran penyajian data  dikelas V ini dilatar belakangi oleh ,pada saat pelaksanaan pembelajaran guru belum  melibatkan siswa dalam menyelesaikan masalah dan mengenalkan kepada masalah yang nyata dalam kehidupan sehari-hari siswa ,akibatnya siswa belum terbiasa menyelesaikan masalah yang diberikan guru.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar penyajian data  di kelas V SDN 03 Batu-Banyak Kabupaten Solok.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK)  menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I pertemuan  1 pada RPP rata-rata 88,88%(baik),meningkat siklus 1 pertemuan 2 yaitu 91,66% (baik) dan meningkat pada siklus 2 menjadi 97,22% (Sangat baik).Pelaksanaan siklus I pertemuan I pada aktivitas guru rata-rata 78,5% (cukup), meningkat pada siklus I pertemuan II menjadi 85,7% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 96,4% (sangat baik). Pelaksanaan siklus I pertemuan 1 pada aktivitas peserta didik rata-rata 78,5% (cukup), meningkat pada siklus I pertemuan 2 menjadi 85,7% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 96,4% (sangat baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I rata-rata 63,33 (D), meningkat pada  meningkat pada siklus II menjadi 84,68(B). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based  Learning dapat meningkatkan hasil belajar penyajian data di Sekolah Dasar

Published
2022-10-23