Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas IV SDN 11 Pancung Soal Pesisir Selatan

  • Sonia Asma'ul Husna Universitas Negeri Padang
  • Rifda Eliyasni
Keywords: Problem Based Learning, hasil belajar, tematik terpadu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model Problem Based Learning di kelas IV SDN 11 Pancung Soal Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdapat tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan 17 orang peserta didik, dimana terdapat 9 orang peserta didik laki-laki dan 8 orang peserta didik perempuan. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan RPP pada siklus I memperoleh nilai dengan rata-rata 86,11 % dengan kualifikasi (B), kemudian meningkat pada siklus II 94,44 % dengan kualifikasi (SB). Penilaian aspek guru siklus I memperoleh nilai rata-rata 76,78 (C), meningkat pada siklus II 92,85 % dengan kualifikasi (SB). Penilaian aspek peserta didik pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 76,78 (C), meningkat pada siklus II 92,85 % dengan kualifikasi (SB). Penilaian aspek sikap siklus I dikatogorikan (Baik) dan siklus II dikategorikan (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 78,1 dengan pesentase ketuntasan 70,6%, pada siklus II dengan nilai rata-rata 89,4 persentase ketuntasan 94,1%. Dapat disimpulkan pada penelitian bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dikelas IV SDN 11 Pancung Soal Pesisir Selatan .

Published
2022-11-19