Peningkatan Hasil Belajar Volume Bangun Ruang Menggunakan Model Attention, Relevance, Convidence, Satisvaction Di Kelas V SDN 09 Manggis Ganting Kota Bukittinggi

  • Aridho Danika Universitas Negeri Padang
  • Masniladevi
  • Syafri Ahmad
  • Sherlyane Hendri
Keywords: Model Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction, hasil belajar, pembelajaran balok dan kubus

Abstract

     Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah, Dalam proses pembelajaran, guru belum terlihat memberikan motivasi sebagai pengontrol semangat dan focus peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan model Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction  untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Penelitian tindakan kelas (PTK) meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik Kelas V SDN 09 Manggis Ganting Kota Bukittinggi. Data penelitian diperoleh dari penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, proses pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen analisis, lembar observasi, tes, dan non tes.

Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I dengan rata-rata 88,18% (Baik) dan siklus II 95,45% (Sangat Baik), b) Aktivitas guru pada pelaksanaan siklus I dengan rata-rata 81, 25% (Baik) dan siklus II 95% (Sangat Baik), sedangkan aktivitas peserta didik pada pelaksanaan siklus I dengan rata-rata  81, 25% (Baik), dan siklus II 95% (Sangat Baik), c) Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I dengan rata-rata 74,1 (Cukup) dan meningkat pada siklus II  menjadi 83,87 (Baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model, Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi volume balok dan kubus di sekolah dasar.

Published
2022-10-12