Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Di Kelas IV SD Negeri 09 Manggis Ganting Kota Bukittinggi

  • Devina Detryoza Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih berpusat kepada guru. Hal ini disebabkan guru tidak menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan untuk meningkatkan aktivitas peserta didik seperti melalui permainan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model kooperatif tipe Snowball Throwing di Kelas IV SD Negeri 09 Manggis Ganting Kota Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiga kali pertemuan meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berkaitan dengan hasil pengamatan perencanan dan pelaksanaan menggunakan model kooperatif tipe Snowball Throwing. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SD Negeri 09 Manggis Ganting berjumlah 29 orang. Hasil penelitian yaitu pada siklus I dalam penilaian RPP memperoleh rata-rata 84,72% (B) dan meningkat 94,44% (SB) pada siklus II. Pada aktifitas guru siklus I dengan rata-rata 81,94% (B) dan meningkat 94,44% (SB) pada siklus II. Pada aktifitas peserta didik siklus I memperoleh nilai rata-rata 81,94% (B) dan meningkat 94,44% (SB) pada siklus II. Sedangkan pada hasil belajar peserta didik siklus I dengan rata-rata 77,1 (B) dan meningkat 88,4 (A) pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 09 Manggis Ganting Kota Bukittinggi.

Published
2022-11-27