Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Quantum Teaching di Kelas II SDN 18 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman

  • Anggraini Agustiara Risma Universitas Negeri Padang
  • Tin Indrawati
Keywords: Hasil Belajar, Tematik Terpadu, Model Quantum Teaching

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang optimalnya perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran  tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, sehingga berdampak pada rendahya hasil belajar peserta didik di kelas II SDN 18 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan Model Quantum Teaching di kelas II SDN 18 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman.

Penelitian ini dilaksananakan dengan model Quantum Teaching di kelas II SDN 18 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas II yang berjumlah 16 orang. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Disetiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan non tes.

Hasil penelitian pada aspek RPP memperoleh hasil: a) Siklus I pertemuan I diperoleh skor 77,78% (C), b) Siklus I pertemuan II diperoleh skor 86,11% (B), c) Siklus II diperoleh skor 91,67% (B). Pelaksanaan pada aspek aktivitas guru memperoleh hasil: a) Siklus I pertemuan I diperoleh skor 77,78% (C), b) Siklus I pertemuan II diperoleh skor 91,67% (B), c) Siklus II diperoleh skor 94,44 (A). Pelaksanaan pada aspek aktivitas peserta didik memperoleh hasil: a) Siklus I pertemuan I diperoleh skor 75% (C), b) Siklus I pertemuan II diperoleh skor 88,89% (B), c) Siklus II diperoleh skor 94,44% (A). Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik memperoleh nilai: a) Siklus I pertemuan I diperoleh skor 71,27 (D), b) Siklus I pertemuan II diperoleh skor 79,41 (C), c) Siklus II diperoleh skor 87,94 (B). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Published
2022-11-19