Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Web Wordwall pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV Sekolah Dasar

  • Rika Rahim Universitas Negeri Padang
  • Masniladevi Universitas Negeri Padang
Keywords: tematik terpadu, media pembelajaran interaktif, web wordwall, permainan, model ADDIE

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurikulum 2013 yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar. Dimana kurikulum 2013 ini mengacu pada pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang menuntut peserta didik terlibat aktif dalam proses pembelajaran.Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan media interaktif Web Wordwall yang melibatkan peserta didik secara langsung dalam penggunaannya, sehingga peserta didik aktif dan tidak merasa bosan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Web Wordwall pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE. Model ADDIE ini memiliki lima tahapan pengembangan, yaitu: analyse (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Hasil uji validitas materi pada pengembangan media pembbelajaran interaktif berbasis aplikasi Web Wordwall ini memperoleh persentase sebesar 83,4% dari aspek materi dengan kategori sangat valid, 82% dari aspek bahasa dengan kategori sangat valid, dan 83,4% dari aspek media dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil uji praktikalitas dari respon guru memperoleh hasil sebesar 88% dengan kategori sangat praktis, dan dari respon peserta didik memperoleh hasil sebesar 88,7% dengan kategori sangat praktis.

Published
2022-12-23