Pengaruh Penggunaan Model Student Teams Achievement Division (STAD)Terhadap Keterampilan Menulis Teks Pidato Siswa Kelas IX MTSN 3 Pesisir Selatan

  • Natasia dewita Universitas PGRI sumatera Barat
  • rahayu fitri
  • trisna helda
Keywords: pengaruh, hasil belajar, STAD

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa kurang memahami materi tentang teks pidato, sehingga kesulitan dalam menemukan informasi dan kata-kata istilah dalam teks pidato. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap keterampilan menulis teks pidato siswa kelas IX MTsN 3 Pesisir Selatan.

            Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini adalah posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTsN 3 Pesisir Selatan yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 139 orang yang tersebar dalam 6 kelas. Sampel penelitian ini yaitu kelas IX.2 (kelas kontrol) dan kelas IX.1 (kelas eksperimen). Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks pidato tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD).

            Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan hal sebagai berikut. Pertama, tingkat keterampilan menulis teks pidato tanpa menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD)siswa kelas IX MTsN 3 Pesisir Selatan memperoleh nilai rata-rata 61,36 dengan klasifikasi 56-65% yaitu Cukup. Kedua, tingkat keterampilan menulis teks pidato dengan menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD) siswa kelas IX MTsN 3 Pesisir Selatan memperoleh nilai rata-rata 88,44 dengan klasifikasi 86-95% yaitu Baik Sekali. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima dan H0 ditolak pada taraf signifikan 95% dan dk= (n1+n2)-2 yaitu thitung> ttabel (4,60 > 1,68). Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap keterampilan menulis teks pidato siswa kelas IX MTsN 3 Pesisir Selatan.

Published
2022-12-21