Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Powerpoint Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV Sekolah Dasar

  • Khoirun Nikmah Ima Universitas Negeri Padang
  • Arwin
Keywords: Media Pembelajaran Powerpoint

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas media pembelajaran yang dikembangkan.Jenis penelitian pengembangan ini adalah Research and Develpoment (R&D) yang mengacu pada model pengembanagan ADDIE memiliki lima tahapan yaitu : Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi). Hasil dari penelitian pengembangan media pembelajaran menggunakan powerpoint  yang dikembangkan melalui tahapan validasi aspek materi, aspek media dan aspek bahasa memperoleh nilai rata-rata 93,1% menunjukkan kategori sangat valid. Berdasarkan respon guru di sekolah uji coba dapat diketahui bahwa pembelajaran menggunakan media pembelajaran tematik terpadu sangat praktis dengan nilai rata-rata 95% dan respon peserta didik pada sekolah uji coba mendapat nilai rata-rata sebesar 90,5% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan presentase respon guru dan respon peserta didik di sekolah penelitian terhadap media pembelajaran tematik terpadu sangat praktis dengan nilai rata-rata 97,5% dan 90,65%. Dengan demikian, media pembelajaran menggunakan aplikasi powerpoint di kelas IV SD yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Published
2022-12-23