Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Asisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Volume Kubus Dan Balok Kelas V Sekolah Dasar

  • Warisatul Hasna Wari Universitas Negeri Padang
  • Masniladevi
Keywords: pembelajaran kooperatif Team Asisted Individualization, hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika. Hal ini disebabkan belum adanya penggunaan model pembelajaran yang inovatif yang dapat membuat peserta didik saling membantu membangun pengetahuan sehingga dapat mengembangkan kemampuan individual peserta didik saat berdiskusi dalam kelompoknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Learning Tipe Team Asisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Volume Kubus dan Balok. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan design penelitian quasi eksperimental design tipe nonequivalent control design. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t dan uji N-Gain. Didapatkan hasil thitung = 5,17 dan ttable = 2.074, sehingga thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Untuk Uji N-Gainpada kelas eksperimen diperoleh rata-rata 0,73 dengan kriteria tinggi dan kelas kontrol dengan rata-rata 0,43 dengan kriteria sedang.

Published
2022-12-23