Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Di Kelas IV SDN 15 Muara Panas Kabupaten Solok

  • Surya Monika Solok, Padang
  • Farida S
Keywords: Hasil Belajar, Model Kooperatif, Tipe Course Review Horay

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan yang ditemukan di sekolah, yaitu model pembelajaran yang bervariasi sangat jarang digunakan, keaktifan peserta didik dalam belajar masih rendah sehingga membuat hasil belajar peserta didik rendah. tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu menggunakan model kooperatif tipe Course Review Horay di kelas IV SDN 15 Muara Panas Kabupaten Solok yang meliputi : a) Perencanaan, b) Pelaksanaan, 3) Hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang memilik tahapan a) Perencanaan b) Pelaksanaan c) Pengamatan d) Refleksi, dengan subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh peserta didik kelas IV yang terdiri dari 15 peserta didik laki-laki dan 14 peserta didik perempuan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian di laksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes dan non tes. Hasil penelitian dari RPP adalah : Siklus I pertemuan I diperoleh persentase keberhasilan RPP sebesar 77,77%, siklus I pertemuan II menjadi 83,33%, dan siklus II meningkat menjadi 86,11%. Hasil dari pelaksanaan pembelajaran aspek guru adalah : Siklus I pertemuan I diperoleh persentase keberhasilan aspek guru sebesar 76,38,%, siklus I pertemuan II menjadi 77,77%, dan siklus II meningkat menjadi 87,5% dan hasil dari aspek peserta didik adalah : Siklus I pertemuan I diperoleh persentase keberhasilan aspek peserta didik sebesar 73,61%, siklus I pertemuan II menjadi 76,38%, siklus II meningkat menjadi 90,27%. Hasil belajar peserta didik adalah : Siklus I pertemuan I diperoleh rata-rata hasil belajar peserta didik 77,98, siklus I pertemuan II menjadi 80,18, siklus II meningkat menjadi 82,43. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model kooperatif tipe Course Review Horay dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu peserta didik di sekolah dasar.

Published
2022-12-13