Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN Gugus 8 Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi

  • Sonia Mariska Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang tersedianya bahan ajar berbasis IT yang dapat memotivasi dan menarik minat belajar peserta didik. Bahan ajar yang cenderung digunakan guru adalah bahan ajar berbentuk cetak. Sehingga, peserta didik kurang tertarik dan sulit mamahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis Canva pada pembelajaran tematik terpadu yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap dalam pengembangannya, yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan lembar angket validasi, angket respon praktikalitas guru dan angket respon praktikalitas peserta didik. Bahan ajar yang dirancang divalidasi oleh tiga ahli yakni alhli materi, ahli bahasa dan ahli media serta dilakukan uji praktikalitas di SDN 11 Campago Guguak Bulek dan SDN 17 Manggis Ganting. Hasil penelitian pengembangan bahan ajar e-modul yang dikembangkan memperoleh tingkat validitas rata-rata 93,68%, 87,5% untuk materi, 97,72% untuk kebahasaan dan 95,83% untuk media dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas dinyatakan sangat praktis dari hasil respon guru SDN 11 Campago Guguak Bulek 92,8% dan 96,4% di SDN 17 Manggis Ganting. Sedangkan hasil angket respon peserta didik dengan presentase kepraktisan 91% di SDN 11 Campago Guguak Bulek dan 95,26% di SDN 17 Manggis Ganting. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-modul berbasis Canva pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar telah dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Published
2022-11-19