Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V SD Negeri 23 Marapalam Kota Padang

  • Yulia Patricia Universitas Negeri Padang
  • Muhammadi
Keywords: Hasil Belajar, Cooperative Learning tipe Talking Stick, Hasil belajar, Tematik Terpadu

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dilapangan, kegiatan pembelajaran yang masih berpusat pada guru,sedangkan peserta didik terlihat pasif, guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, kemudian guru kurang mengembangkan indikator sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin di capai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunkan Model  Cooperative Learning Tipe Talking Stick Di Kelas V SD Negeri 23 Marapalam Kota Padang.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian peserta didik kelas. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus.

Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I dengan rata-rata 79,15% (cukup) dan siklus II 94,4% (sangat baik), b) Pelaksanaan pada aktivitas guru siklus I dengan rata-rata 78,9% (cukup) dan siklus II 97,3% (sangat baik), sedangkan pelaksanaan pada aktivitas peserta didik siklus I dengan rata-rata 79,55% (cukup), dan siklus II 95% (sangat baik), c) Penilaian terhadap pesrta didik dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 80,3 dengan presentase 67,8% dan siklus II dengan rata-rata 91 dengan presentase 89,2% Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Published
2022-12-07