Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Di SDN 05 Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya

  • Fajriati Syahnur Universitas Negeri Padang
  • Nur Azmi Alwi
Keywords: Hasil belajar, pembelajaran tematik terpadu, model Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, sehingga berdampak pada rendahya hasil belajar peserta didik di kelas IV SDN 05 Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SDN 05 Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik di kelas IV. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif dengan jenis pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunnjukkan adanya peningkatan pada: a) RPP siklus I memperoleh rata-rata persentase 90,91% dengan kualifikasi sangat baik (SB) dan pada siklus II memperoleh persentase 95,45% (SB); b) pelaksanaan proses pembelajaran aspek guru siklus I memperoleh rata-rata persentase keberhasilan 85,87% (B) dan siklus II 93,75% (SB); c) pelaksanaan aspek peserta didik siklus I memperoleh rata-rata persentase 85,87% (B) dan siklus II 93,75% (SB); d) hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh rat-rata 80,39 (B) dan siklus II 92,42 (SB). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 05 Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya.

Published
2022-12-08