Peningkatan Proses Pembelajaran Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Kelas IV SDN 08 Karang Putiah Kabupaten Solok Selatan

  • Yarni Puspita Sari Universitas Negeri Padang
  • Nelly Astimar
Keywords: Proses Pembelajaran, Tematik Terpadu, Think Pair Share

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang penerapan model Think Pair Share untuk meningkatkan proses pembelajaran peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 08 Karang Putiah Kabupaten Solok Selatan. Pembelajaran tematik terpadu adalah suatu bentuk sistem pembelajaram yang mengaitkan suatu materi dengan materi lain dalam bentuk tema sebagai fokus yang utama. Pembelajaran tematik mengupayakan agar peserta didik dapat memfokuskan diri pada satu tema tertentu karena materi tersebut diperkenalkan dalam kontek tema yang jelas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas sebagai obsever, peneliti sebagai praktisi, dan 18 orang peserta didik kelas IV SDN 08 Karang Putiah Kabupaten Solok Selatan. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Tingkat penilaian RPP mengalami peningkatan dari 85 % pada siklus I menjadi 90 % pada sikuls II. (2) Pada aktivitas guru meningkat dari 80 % pada siklus I menjadi 90 %  pada siklus II. (3) Pada aktivitas peserta didik meningkat  dari 80 % pada siklus I menjadi 90 %  pada siklus II.

Published
2022-12-13