Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Materi Penyajian Data di Kelas Iv Sekolah Dasar

  • Silvi Afifah Fajri Universitas Negeri Padang
  • Syari Ahmad
Keywords: LKPD, Realistic Matematic Education, ADDIE

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang ditemukan di sekolah dasar yaitu kurang variatifnya LKPD yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. LKPD yang digunakan ialah LKPD yang masih biasa disediakan oleh sekolah, dan didalam proses pembelajaran guru belum menggunakan LKPD yang berbasis pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD matematika berbasis pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian pengembangan LKPD berbasis pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education ini dinyatakan sangat valid digunakan dengan presentase oleh ahli materi 90%, ahli bahasa 90%, dan ahli media 93%, sehingga memperoleh nilai rata-rata 91% dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil angket respon disekolah menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sudah sangat praktis dengan hasil angket respon guru 97% dan hasil angket respon peserta didik dengan rata-rata 97,5% kriteria sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) materi penyajian data di kelas IV Sekolah Dasar dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Published
2022-12-14