Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Volume Kubus dan Balok di Kelas V SDN 12 Kota Bukittinggi

  • Novita Permatasari Universitas Negeri Padang
  • Melva Zainil Universitas Negeri Padang

Abstract

 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SDN 12 Kota Bukittinggi pda pembelajaran matematika. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar volume kubus dan balok menggunakan media audio visual dengan model Discovery Learning di kelas V SDN 12 Kota Bukittinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar volume kubus dan balok dengan model Discovery Learning di kelas V SDN 12 Kota Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 12 Kota Bukittinggi yang berjumlah 20 orang. Penelitian dilaksanakan dua siklus yang meliputi empat tahap prosedur penelitan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik dan instrumen penelitian adalah observasi,tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: a) RPP siklus I memperoleh rata-rata presentase 81,9% (B) meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (A), b) Aktivitas guru siklus I memperoleh rata-rata persentase 80,8% (B) meningkat pada siklus II menjadi 94,1% (A), c) Aktivitas peserta didik siklus I memperoleh rata-rata persentase 77,9% (B) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 91,1% (A), dan d) Hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata hasil belajar 72,5% dengan predikat C kemudian meningkat pada siklus II menjadi 86,8% dengan predikat B. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa menggunakan media audio visual dengan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi volume kubus dan balok.   

Published
2022-12-05